Minggu, 24 Juni 2012

Catatan Pinggir 3

Catatan Pinggir 3

Pengarang : Mohammad, Goenawan
Penerbit : Pustaka Utama Grafiti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 1991
Edisi : Cetakan Pertama
Bahasa : Indonesia
Kolasi : xx, 504 hlm
ISBN/ISSN : 979-444-067-1


Setelah Buku Pertama dan Kedua mencapai sukses, kini kami hadirkan Catatan pinggir 3 yang memuat sekitar seratus enam puluh "catatan pinggir" yang mencakup periode terbit Tempo dari 4 Januari 1986 sampai dengan 24 Februari 1990. Patut dicatat, sejumlah di antaranya ditulis saat Goenawan Mohamad mengikuti program Nieman Fellowship for Journalist pada Universitas Harvard, Amerika Serikat pada bulan September 1989 s/d Juni 1990 yang lalu. 

Sebagaimana dalam esai-esai sebelumnya, meski berbicara tentang satu topik tertentu, sebetulnya Goenawan menjelajahi lebih dari satu aspek kehidupan. Oleh karenanya sejak semula disadari bahwa pemilahan terhadap esai-esai tersebut bukan merupakan suatu pekerjaan yang gampang. 



Meskipun demikian, penyempurnaan terhadap pemilahan subyek terus menerus akan kami usahakan. Setiap buku Catatan Pinggir diberi pengantar oleh penulis yang berbeda. Kata Pengantar untuk Buku Pertama ditulis oleh 17h. Sumartana, sementara Buku Kedua oleh Ignas Kleden. Buku Ketiga ini diberi pengantar oleh R. William Liddle, mahaguru di Ohio State University, Columbus, Ohio, Amerika Serikat, seorang sarjana politik yang dikenal sebagai pengamat perkembangan Indonesia. 

Dengan perspektif yang berbeda, tidak aneh kalau mereka memberi penilaian yang berbeda pula. Berbeda atau tidak, semua pengantar itu memungkinkan diperolehnya pemahaman yang lebih lengkap tentang gagasan dan sikap seorang cendekiawan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar